Biaya Maklon Kosmetik Yang Terjangkau

Untuk anda yang berpikir jika biaya maklon kosmetik lebih mahal daripada bisnis tas branded, tentu saja hal ini salah. Hal ini dikarenakan biaya yang dibutuhkan tidaklah besar, kok. Nah, untuk lebih jelasnya mengenai pembahasan ini, langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Tidak Membutuhkan Biaya Mahal, Yuk Ketahui Biaya Maklon Kosmetik

Ingin sekali memulai bisnis? Jika iya, maka sudah saatnya untuk memulai bisnis kosmetik. Mengapa? Karena perkembangan industri kosmetik saat ini mengalami pertumbuhan yang cukup baik. Bahkan tidak mengherankan juga jika ada banyak beauty enthusiast, beauty blogger, beauty vlogger, hingga para artis yang telah meluncurkan produk kosmetik dengan brand yang mereka miliki sendiri. Nah, untuk anda yang  terpikir ingin membuat brand kosmetik sendiri maka biaya maklon kosmetik tidak mahal kok.

Biaya untuk pembuatan sampel produk

Jika anda telah menentukan produk kosmetik yang akan dibuat maupun sudah menyetujui formula dan bahan baku, maka proses maklon pada tahap awal adalah perusahaan maklon kemudian membuatkan sampel produk. Kisaran biaya untuk pembuatan sampel produk Rp1.300.000 hingga Rp1.500.000. Namun jika anda ingin kembali mengubah formulasi produk, maka pastikan anda bisa memilih perusahaan yang dapat memberikan kesempatan revisi. Dengan begitu anda dapat menekan biaya tanpa perlu menghabiskan biaya dalam pembuatan sampel produk.

Biaya produksi

Rata-rata kisaran biaya produksi maklon kosmetik adalah Rp50.000.000 hingga Rp100.000.000. Tetapi biasanya biaya ini sangat tergantung terhadap jenis produk yang diinginkan, kuantitas, dan formulasi bahannya. Maka dari itu, pilihlah perusahaan yang bukan hanya menawarkan harga terjangkau saja, tetapi berkualitas. Karena perusahaan maklon kosmetik berkualitas akan memberikan hasil terbaik dalam 

produk yang diproduksi.

Biaya perizinan

Supaya produk kosmetik legal saat dijual, maka wajib hukumnya untuk anda mengurus perizinan. Nah, apa saja perizinannya dan berapa biayanya? Yuk ketahui ulasannya berikut ini.

  • BPOM

Biasanya produksi akan dimulai ketika nomor BPOM produk sudah keluar. Terdapat serangkaian proses yang harus dilalui supaya produk memiliki izin serta nomor registrasi BPOM. Biaya pendaftaran BPOM berkisar Rp3.000.000 hingga Rp5.000.000.

  • Merek dan paten

Tentu saja sertifikasi hak merek sangat dibutuhkan untuk memberikan hak secara eksklusif untuk anda yang merupakan pemilik merek terdaftar. Kisaran biaya sertifikasi ini adalah Rp5.000.000.

  • Halal MUI

Biasanya sertifikasi halal dibuat agar dapat memberikan status kehalalan dari sebuah produk. Tentunya sertifikasi ini akan membuat calon konsumen merasa aman untuk menggunakan produk kosmetik yang anda miliki. Nah, kisaran biaya dalam membuat sertifikasi halal ini adalah Rp3.000.000 hingga Rp5.000.000.

Setelah mengetahui berbagai pembahasan yang telah dipaparkan di atas, bagaimana cukup terjangkau kan biaya maklon kosmetik ini? Semoga bermanfaat! 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *