Tips Merawat Genset Diesel Agar Pemakaian Tahan Lama

Genset diesel sampai saat ini masih digunakan sebagai sarana darurat di area perkantoran, toko retail, sekolah, atau instansi pemerintahan untuk menyuplai listrik, saat listrik dari PLN mengalami gangguan. Agar genset dapat digunakan dalam jangka panjang, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait perawatan, yaitu:

Baca buku panduan

Pada saat perusahaan Anda membeli genset dengan bahan bakar diesel, pastikan untuk membaca buku panduan dengan benar dan ajarkan pada satu atau dua orang pegawai di perusahaan yang bisa dipercaya untuk menghidupkan atau mematikan genset disaat darurat.

Saat ada yang janggal, matikan genset

Ketika Anda menghidupkan genset dan terdengar suara atau getaran yang terlalu keras, akan lebih baik jika Anda segera mematikan terlebih dahulu genset dan memeriksa kondisi genset. Periksa bagian kabel, oli, dan bagian lainnya atau langsung tanyakan pada teknisi yang lebih paham kondisi genset sebelum menghidupkan genset kembali.

Pastikan lokasi peletakan genset aman

Ketika perusahaan Anda membeli genset diesel untuk dioperasikan saat darurat, pastikan lokasi peletakannya jauh dari percikan air hujan, resiko banjir, terik matahari, atau ruangan dengan sirkulasi udara buruk. Kondisi seperti ruangan yang tidak ada sirkulasi misalnya, hanya akan menimbulkan kerusakan pada mesin genset dan resiko kesehatan bagi pekerja di lokasi karena gas buang genset tidak terbuang dengan baik.

Pastikan genset selalu bersih

Agar genset bisa digunakan dalam jangka waktu yang relatif lama, pastikan untuk selalu membersihkan genset dari debu, kotoran, minyak, atau air yang melekat. Anda bisa membersihkannya dengan lap dengan serabut padat atau alat pembersih lain yang aman untuk membersihkan genset.

Ganti sparepart mesin jika diperlukan     

Agar tidak mengalami kerusakan parah selama penggunaan, cek semua sparepart genset dan kelayakan selama pemakaian. Apabila ada sparepart yang harus diganti, Anda bisa segera menghubungi lokasi yang menjual sparepart sesuai kebutuhan.

Periksa berkala bagian distilled water

Setiap genset diesel umumnya memiliki bagian battery distilled yang harus diisi ulang setidaknya 2 atau 3 tahun sekali. Dengan memperhatikan waktu isi ulang, genset akan tetap bisa berfungsi dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *