Macam Tes Kesuburan Wanita Selain Tes Ovulasi

Apabila Anda telah menikah dalam waktu yang lama, namun belum juga dikarunia momongan? Ada baiknya Anda untuk melakukan tes kesuburan. Adanya masalah kesuburan dapat Anda ketahui apabila dalam kurun waktu satu tahun aktif berhubungan seksual tanpa kontrasepsi namun tidak juga hamil.

Sebelum melakukan tes kesuburan, ada beragam cara dan alat untuk tes kesuburan wanita. Anda juga bisa menemukan alat tes ovulasi di apotik. Berikut adalah penjelasannya.

Tes Ovulasi

Tujuan dari tes ovulasi ini adalah memastikan ovulasi memang benar terjadi dalam tubuh. Prosedur pelaksanaan tes ovulasi dapat dilakukan dengan menggunakan tes darah, USG, grafik suhu tubuh, dan juga alat prediksi ovulasi.

Tes Fungsi Ovarium

Berbeda dengan tes ovulasi, tes ini bertujuan untuk mengetahui hormon yang mempengaruhi proses ovulasi. Tes fungsi ovarium ini memiliki rangkaian tes yang meliputi pemeriksaan estrogen, fungsi FSH, serta tes darah.

Tes Fase Luteal

Berbeda dengan tes ovulasi dan fungsi ovarium. Tes ini berfungsi untuk mengetahui kadar progesteron yang meningkat setelah ovulasi.

Histerosalpingografi (HSG)

Memanfaatkan sinar X realtime untuk melihat kondisi rahim dan tuba falopi. Selain mengetahui tingkat kesuburan, tes ini juga dapat mengetahui risiko keguguran apabila ada kelainan rahim. Bahkan dapat mengetahui juga apabila ada sumbatan di tuba falopi.

USG Transvaginal

Bertujuan mengetahui kondisi rahim, leher rahim, ovarium, tuba falopi, dan vagina. Selain dapat mengetahui kesuburan tubuh, tes ini juga dapat digunakan untuk kasus seperti nyeri panggul, kista, dan juga memeriksa posisi alat kontrasepsi.

Histeroskopi

Tes ini berfungsi untuk melihat kesuburan wanita dari kondisi rahim. Selain itu tes ini juga dapat melihat kasus-kasus seperti masalah polip, fibroid, dan juga untuk memastikan hasil pemeriksaan HSG. Prosedur penggunaan tes ini yaitu dengan memasukkan alat histeroskopi ke dalam vagina hingga mencapai rahim.

Laparoskopi

Alat terakhir untuk memeriksa kesuburan adalah laparoskopi. Alat ini dapat mendiagnosis penyakit ataupun gangguan di area perut dan juga panggul. Selain untuk masalah kesuburan, biasa laparoskopi juga digunakan  oleh wanita yang bermasalah dengan endometriosis, tumor fibroin, nyeri panggul, dan juga kista.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *